+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Untuk mengatasi masalah stuck pada printer ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa cara membatalkan proses cetak yang stuck di printer yang dapat anda lakukan.

 

Restart PC dan Printer

Cara pertama yang bisa anda lakukan dan lazim dan sering digunakan untuk mengatasi masalah stuck pada printer adalah dengan melakukan restart pada PC dan Printer anda. Namun sebelumnya anda perlu mematikan paksa proses cetak yang berjalan.

Hal yang anda lakukan adalah membuka task manajer dengan cara klik kanan pada taskbar lalu pilih “Start Task Manager” pilih pada tampilan application pilih proses cetak yang berjalan dan klik tombol “End Task” untuk menghentikan secara paksa. Setelah itu anda bisa melakukan restart pada PC dan Printer anda.

 

Menghentikan Queue Printer

Cara selanjutnya yang bisa anda lanjutkan untuk membatalkan proses cetak yang stuck di printer anda adalah menghentikan paksa queue atau antrian cetak. Saat antrian cetak terlalu banyak sedangkan anda juga membuka banyak aplikasi terkadang proses cetak dapat terhambat.

Anda dapat melakukan cara ini dengan klik kanan icon printer di taskbar, kemudian lakukan cancel antrian atau “Queue Print”. Atau ada bisa menghentikan proses cetak melalui.

 

Restart Spooler

Anda bisa melakukan restart spooler untuk membatalkan proses cetak yang stuck di printer. Anda dapat merestart spooler pada windows service dengan klik windows+R lalu klik tombol enter.

Cari “Print Spooler” dan klik tombol “Stop”. Setelah mati jangan lupa hidupkan kembali dengan klik tombol “Start”. Selain itu anda juga dapat melakukan restarr spooler melalui Command Prompt.

Anda hanya perlu membuka start dan cari CMD atau Command Prompt, klik kanan dan pilih “Run as administrator” setelah aplikasi terbuka anda hanya perlu mengetik kode “Net Stop Spooler” lalu klik tombol “Enter”. Jangan lupa mengaktifkan kembali dengan kode “Net Start Spooler”.

 

(source: arenaprinter.com)