+6281280115141 isr@kiranasakti.com

1. Kenali printer Anda

Apakah Anda tahu berapa banyak halaman yang dihasilkan dengan satu katrid dalam printer hingga isinya habis? Anda dapat memperkirakan hasilnya dengan membaca secara seksama spesifikasi kartrid yang dirancang untuk digunakan pada model printer Anda. Beberapa printer dapat mencetak dengan resolusi yang lebih tinggi secara default, sehingga memerlukan lebih banyak tinta.

2. Beli dalam jumlah banyak

Beberapa kartrid hadir dalam ukuran XL, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak tinta sekaligus dengan diskon untuk membeli dua kartrid yang lebih kecil. Biasanya tinta dapat dibeli dalam paket, sehingga konsumen yang ingin menghemat kartrid tinta akan senang mengetahui bahwa membeli beberapa paket biasanya lebih murah per unit daripada membelinya satu per satu.

3. Optimalkan hasil

Beberapa opsi default printer Anda mungkin diatur untuk resolusi cetak terbaik, meskipun Anda tidak membutuhkannya. Jika Anda sering mencetak foto atau materi pemasaran dengan gambar tajam, aturlah ke kualitas terbaik. Atau, Anda tidak perlu menggunakan seluruh tinta tersebut untuk mencetak email.

4. Pilih warna abu-abu

Tahukah Anda bahwa banyak tugas pencetakan hitam-putih yang menggunakan lebih dari sekadar tinta hitam? Kecuali jika Anda menetapkan “hanya abu-abu”, printer Anda mungkin memberi Anda kualitas lebih dari yang sebenarnya Anda butuhkan. Untuk tugas pencetakan yang tidak memerlukan warna, matikan kartrid ini dalam pengaturan cetak Anda.

5. Pilih font yang tepat

Font yang berbeda menggunakan jumlah tinta yang berbeda. Arial adalah salah satu font default yang lebih populer, tetapi menggunakan 27% lebih banyak tinta daripada Calibri, Century Gothic, atau Times New Roman klasik.

6. Pilih kartrid satu warna

Apakah kartrid warna “kosong” Anda terasa agak berat? Bisa jadi hanya satu dari tiga warna yang terkandung dalam kartrid “tiga warna” yang habis. Dengan memilih printer yang memisahkan warna menjadi tiga kartrid yang lebih kecil (cyan, magenta, dan kuning), Anda dapat mengganti kartrid yang kosong dan tidak membuang tinta lainnya yang masih digunakan.

7. Lakukan perawatan pada printer Anda

Kemacetan pada printer dan kepala cetak yang kotor dapat menyebabkan kebocoran pada kartrid atau, yang lebih buruk, menyebabkan kegagalan fungsi printer. Lakukan perawatan rutin dengan menggunakan pusat perangkat lunak cetak HP, yang memeriksa level tinta Anda dan dapat membersihkan printer Anda untuk membantu mengurangi penggunaan tinta secara keseluruhan.

8. Pertimbangkan peningkatan

Apakah printer Anda berusia lebih dari lima tahun? Jika demikian, mungkin saatnya untuk peningkatan. Selain lebih hemat dalam hal penggunaan tinta, printer di era ini dapat terhubung secara nirkabel ke jaringan rumah Anda, menerima tugas mencetak dari ponsel Anda, dan bahkan memberi tahu bahwa printer membutuhkan lebih banyak tinta agar dikirim ke rumah Anda.

source: hp.com