+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Istilah komputer memiliki makna yang luas, jadi saya akan mempersempit pembahasan cara menerapkan perawatan perangkat keras komputer atau yang biasa di sebut dengan hardware komputer menjadi sebuah PC (Personal Computer) yang meliputi beberapa bagian/ komponen sebagai berikut :

  • Processor
  • Mainboard atau Motherboard
  • Power Supplay
  • VGA Card
  • Harddisk
  • VCD atau DVD Room

Semua komponen diatas perlu kita rawat secara rutin, agar PC tidak mudah rusak dan erorr atau supaya semua komponen dapat tetap berfungsi dengan baik dan tentu supaya komponen tersebut bertahan lebih lama. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebuah PC akan memanas bila digunakan terlalu lama atau sering, agian bagian yang biasanya akan memanas adalah Processor, harddisk, VGA Card, mainboard , chipset, Harddisk, dan power supply. Panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen tersebut akan berusaha distabilkan oleh komponen  fan atau kipas yang terpasang pada processor sehingga suhunya tetap stabil.

Dalam kurun waktu tertentu, bagian dalam processor biasanya akan berdebu meskipun PC di tempatkan di tempat yang tertutup atau ber AC namun tetap saja akan terdapat debu-debu yang menempel dalam processor yang menyebabkan kurang nya kinerja dari komponen-komponen di dalam processor tersebut. Dan hal inilah yang menjadi masalah utama yang menyebabkan lamban nya kinerja fan di dalam processor sehingga menyebabkan overhealting dan kerusakan pada PC anda.

Tidak hanya sampai disitu, kerusakan pada sebuah PC juga di akibatkan oleh cara kebiasaan user dalam mengoperasikan  PC serta faktor eksternal lainnya, seperti :

  • Tegangan listrik yang tidak stabil
  • Kebiasaan memainkan PC sampai overhealting
  • Mematikan PC dengan cara langsung menekan power dan tidak di shutdown
  • Management file yang tidak teratur
  • Membuka terlalu banyak aplikasi secara tidak sabaran tanpa menunggu respon PC
  • Menghidupkan PC secara terus menerus tanpa jeda

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat merusak kinerja PC kita, supaya dapat bertahan lama dan tetap prima ketika dipakai maka kita harus menjaga dan memerhatikan kebersihan hardware kita dengan cara merawatnya secara rutin dan baik. Baik secara fisik hardware maupun yang bukan termasuk hardware seperti penyimpanan file yang teratur. Anda dapat membawa PC anda ke toko service komputer untuk di bersihkan secara baik dan terpercaya, namun jika anda ingin membersihkan hardware PC anda sendiri di rumah pun juga bisa. Berikut beberapa tips cara menerapkan perawatan hardware komputer :

  1. Buka dan bersihkan komponen-komponen di dalam processor menggunakan kuas hingga semua debu hilang, lakukan secara hati-hati supaya kabel-kabel yang terdapat di dalam processor tidak ada yang lepas atau putus.
  2. Pada motherboard terdapat banyak debu tercampur minyak sehingga menjadi lengket, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan thiner dan kuas.
  3. Perawatan processor adalah yang termudah dengan cara membersihkan debu yang ada pada). jika PC sering Over heat atau pemakaian sudah lama sebaiknya pasta nya di ganti. Bersihkan processor terlebih dahulu menggunakan kain atau tisu sebelum mengganti pasta dengan pasta baru.
  4. Untuk membersihkan VGA cukup dengan membersihkan debu-debu yang terdapat pada kipas pendingin nya menggunakan kuas.
  5. Cara merawat VCD/DVD Room cukup dengan menggunakan CD Cleaner yang berfungsi membersihkan optiknya sehingga dalam pembacaan file DVD tetap optimal.
  6. Cara membersihkan power supplay cukup dengan membersihkan debu yang menempel gunakan kompresor atau penyedot debu.
  7. Untuk harddisk cara perawatannya cukup berbeda, contohnya dengan cara menghidupkan komputer secara teratur dan tidak berlebihan, mematikan sesuai prosedur, dan jangan biarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang lama.

 

(source: garudacyber.co.id)