+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Di era digital ini, teknologi telah bergerak sangat cepat, hal tersebut menjadikan semua data yang berhubungan dengan bisnis sudah semestinya disimpan di tempat yang paling aman. Karena itu, sebagai bagian dari investasi bisnis, pilihlah server yang mumpuni untuk perkembangan dan kelangsungan bisnis Anda.

Sudah seharusnya semua data penting perusahaan disimpan pada tempat yang paling aman. Memilih server yang tepat adalah suatu hal terpenting yang harus diperhatikan, mengingat server bisa dianalogikan sebagai sebuah brankas penyimpanan barang bagi semua data vital perusahaan. Tanpa terkecuali bisnis skala besar maupun kecil, ketika usaha terus berkembang, maka Anda harus mempertimbangkan dalam memilih server. Hal ini semakin penting jika usaha Anda bergerak di bidang digital.

Pada dasarnya, untuk mempertimbangkan server yang sesuai adalah nilai investasi pembelian pada sistem operasi server tersebut. Nilai investasi itu tidak hanya dilihat berdasarkan harga dari server itu saja, tetapi semua hal yang berhubungan dengan investasi financial dan berkorelasi dengan sistem operasi server tersebut.

Maka dari itu, server adalah bentuk investasi terbesar dari bisnis, lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih server yang sesuai? Berikut tips dari Helios Informatika:

Siapkan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah server, Anda harus riset terlebih dahulu server seperti apa yang Anda butuhkan untuk kebutuhan bisnis Anda. Penting bagi perusahaan untuk memilih server yang sesuai dengan kebutuhan bisnis agar bisnis tidak terhambat dengan masalah teknis. Kemudian, baru sisihkan budget agar Anda lebih mudah mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan data merupakan salah satu pertimbangan yang paling utama dalam memilih server. Jika penyimpanan pada server itu kecil, tetapi kebutuhan perusahaan sangat besar, maka server tersebut tidak dapat digunakan karena penyimpanannya tersebut yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Setiap server memiliki kapasitas yang berbeda. Jika bisnis Anda merupakan bisnis startup, maka pilihlah server yang menyediakan kapasitas penyimpanan rata-rata. Namun, jika bisnis Anda telah merambah dalam dunia digital, maka semakin besar dari waktu ke waktu, sebaiknya pilihlah server yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Dalam hal memilih kapasitas penyimpanan server ini jangan sampai operasional bisnis Anda terganggu hanya karena server yang kelebihan beban. Karena tentunya akan timbul banyak kerugian jika operasional bisnis terganggu walau hanya dalam hitungan detik.

Stabilitas Sistem

Stabilitas sistem pada sistem operasi adalah hal yang sangat krusial pada server. Jika dalam satu bulan sebuah perusahaan mengalami downtime lebih dari 3,5 jam, maka itu sudah sangat buruk. Jika mengalami downtime lebih dari itu, sebaiknya perusahaan harus siap untuk berpindah atau migrasi ke server lain.

Perangkat server biasanya selalu dibiarkan menyala sepanjang hari hingga beberapa tahun mendatang. Dalam hal itu, semua server tentunya akan mengalami downtime. Namun waktu dan frekuensinya tergantung dari jenis dan kualitas server tersebut. Untuk memungkinkan menjaga kestabilitasan dari sistem tersebut, maka sistem operasi server harus memiliki kestabilan dan keandalan yang tinggi.

Layanan Server

Server adalah sebuah infrastruktur bisnis yang beroperasi 24/7 atau 24 jam penuh setiap hari. Sangat penting bagi pebisnis untuk terus memantau kinerja dari sistem operasi server. Oleh karena itu, saat memilih server, pilihlah produk yang memberikan layanan pemeriksaan atau perbaikan server yang praktis dan responsif.

Jumlah Pengguna

Banyaknya pengguna sangat berpengaruh dalam pembangunan sebuah server yang optimal. Aktivitas bisnis yang ringan mungkin saja dapat diimbangi dengan spesifikasi server yang rendah. Namun, bagaimana jika jumlah penggunanya sangat banyak yang akan mengakibatkan server menjadi tidak optimal? Dalam hak ini, perusahaan harus menggunakan rumus untuk mendapatkan spesifikasi server sesuai kebutuhan dan optimal.

Jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktivitas bisnis yang dibutuhkan, selanjutnya dikalikan lagi dengan jumlah pengguna. Jumlah pengguna dan aktivitas bisnis adalah faktor yang berdampingan dan tidak dapat dipisahkan untuk membuat margin antara spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

Sebagai salah satu bentuk investasi bisnis, tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perangkat server. Pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor lainnya di atas untuk memilih server apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

(source: www.helios.id)