+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Para pengguna laptop, tak jarang terdapat hal-hal sederhana yang seringkali diabaikan justru bisa merusak laptop. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut tentunya harus dihindari. Sebab laptop yang rusak selain mengganggu aktivitas pekerjaan atau sekolah, juga biaya servis laptop yang tidak murah.

Lantas, kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang bisa merusak laptop?

 

  1. Mengabaikan untuk menginstal pembaruan perangkat lunak

Sebagaimana dijelaskan dalam pagoda-tech.com, untuk menjaga laptop tetap berumur panjang salah satunya dengan memastikan laptop tetap terupdate dengan perangkat lunak yang paling baru. Selain mencegah seragan dunia maya, pembaharuan perangkat lunak bisa mengoptimallkan masa pakai baterai.

 

  1. Menggunakan laptop secara terus-menerus bahkan saat laptop overheating

Dikutip dari asapguide.com, overheat adalah ungkapan kejadian ketika mesin terlalu panas karena aktivitas berat. Bermain video game, proses editing video tanpa henti, atau melakukan tugas berlebihan lainnya dapat menyebabkan GPU dan CPU laptop panas dalam waktu singkat. Kondisi ini bisa menyebabkan data-data laptop yang tersimpan korup dan tidak bisa dipulihkan, terlebih pada pada sistem penyimpanan HDD.

 

  1. Menumpuk laptop dengan benda-benda lain

Seringkali dijumpai para pengguna laptop menumpuk barang-barang, seperti buku atau benda berat lain di atas laptop. Melansir dari ecr.co.za, kebiasaan tersebut sebaiknya mulai sekarang dihindari sebab menumpuk laptop dengan benda-benda lain dapat membuat laptop tergores, penyok, bahkan retak. Benda-benda berat dapat menyebabkan kerusakan serius pada LCD layar atau engsel laptop.

 

  1. Menggunakan laptop secara sembarangan

Melansir dari makesfit.com, menempatkan laptop di tempat seperti sofa merupakan kebiasaan yang bisa merusak laptop. Selain sofa menggunakan laptop di atas permukaan yang menghalangi jalur udara pembuangan panas laptop tertutup bisa memperpendek umur laptop. Hal ini karena laptop dipaksa bekerja lebih keras karena laptop cepat panas sehingga kinerja komponen hardware di dalamnya tidak bisa bekerja dengan normal.

 

Laptop yang terkena panas berlebih juga membuat kinerja kipas di dalam laptop bekerja terlalu keras untuk mendinginkan prosesor dan komponen lainnya. Oleh karena itu, hindari meletakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

 

(sumber: tekno.tempo.co)