+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Laptop Gaming Murah: Yang Harus Diperhatikan, Bagian demi Bagian

Sedikit saran pertama kami? Jika bermain game adalah fokus utama Anda dan anggaran Anda benar-benar berhenti pada $1.000, dapatkan GPU terbaik yang Anda bisa untuk uang, dan biarkan yang lainnya mengikuti dari sana. Itu mungkin dengan mengorbankan satu atau dua spesifikasi lain — penyimpanan yang lebih sedikit, katakanlah, atau prosesor Core i5 daripada Core i7.

Meskipun demikian, notebook tidak dapat dupgrade, terlepas dari memori sistem utamanya (RAM, jangan bingung dengan memori grafis) dan dalam beberapa kasus, penyimpanan. Anda akan terjebak dengan layar, chip grafis, dan prosesor yang Anda beli sekarang, jadi evaluasilah bagian-bagian ini dengan bijak. Jika Anda dapat sedikit meregangkan anggaran untuk mendapatkan komponen tingkat berikutnya yang lebih tinggi, itu dapat membayar dividen dalam hal masa pakai yang dapat digunakan.

Prosesor: Ya, Itu Penting, Tapi Jangan Membeli Berlebihan

Beberapa game masa kini, terutama dalam kategori MMORPG dan real-time-strategy (RTS), cenderung memalu prosesor. Notebook gaming baru tidak lagi hadir dengan prosesor dual-core, untuk alasan yang baik: Beberapa game AAA secara eksplisit meminta CPU quad-core sebagai minimum.

Meskipun demikian, CPU Core i7 atau Core i9 yang dimaksimalkan kurang penting untuk bermain game daripada untuk tugas-tugas intensif prosesor seperti pengeditan video dan pekerjaan produksi file media. Dengan CPU Intel Generasi ke-10 yang mendominasi laptop gaming murah saat ini, Anda akan mendapatkan banyak semangat bahkan dari CPU Core i5. Core i7 dari generasi yang sama sebenarnya adalah prosesor enam-inti atau delapan-inti yang, menurut kami, berlebihan untuk gamer biasa yang perlu memikirkan apa yang mereka belanjakan.

Memori Sistem: Dalam Rentang Ini, Go Eight

Dengan anggaran sekitar $1.000, 8GB adalah RAM minimum yang harus Anda terima. (Kami belum pernah melihat memori sistem utama kurang dari 8GB di mesin dengan grafis khusus selama beberapa tahun sekarang.) Sebagian besar mesin di bawah $1.000 dengan grafis khusus tidak akan lebih tinggi, tetapi itu jumlah yang memadai untuk sebagian besar penggunaan moderat dan permainan arus utama. Laptop gaming murah sesekali berhasil memeras memori 16GB akhir-akhir ini, tetapi masih merupakan pengecualian untuk norma 8GB dalam kisaran harga ini.

Apakah RAM laptop dapat diupgrade oleh pengguna di kemudian hari, dan apa batasannya, adalah aspek lebih lanjut untuk diselidiki. Meskipun demikian, meskipun Anda dapat memutakhirkan memori, laptop mungkin datang dengan modul memori yang menempati kedua slot, yang berarti mengganti keduanya saat memutakhirkan nanti. Yang terbaik adalah mendapatkan apa yang Anda butuhkan di muka.

Penyimpanan: Aturan SSD, Tapi Campuran Lebih Baik

Anda akan melihat hard drive biasa dan solid-state drive (SSD) yang lebih cepat (tetapi berkapasitas lebih rendah) di laptop di bawah $1.000. Model layar 15,6 inci sesekali mungkin menawarkan drive boot SSD berkapasitas kecil di samping hard drive piring penyimpanan sekunder, meskipun ini lebih umum dengan laptop 17 inci.

Pilih pendekatan dual-drive ini jika Anda dapat menemukannya dan membelinya. SSD yang lebih kecil akan menjadi rumah bagi sistem operasi dan beberapa game favorit, dan hard drive yang lebih besar dan lebih ekonomis akan menampung sisa game Anda dan program lain yang tidak memerlukan waktu pemuatan cepat. (Dimungkinkan untuk membagi Steam dan perpustakaan game lainnya di seluruh drive.) Beberapa laptop gaming murah memungkinkan Anda menambahkan drive kedua sendiri di dalam ruang internal 2,5 inci yang kosong. Itu bisa menjadi pilihan yang paling ekonomis, karena hard drive 2,5 inci dengan kapasitas yang signifikan dapat dimiliki dengan harga kurang dari $100.

Di laptop gaming, SSD plus hard drive adalah yang terbaik dari kedua dunia penyimpanan. Ini sangat direkomendasikan mengingat betapa besarnya instalasi game modern, kadang-kadang membengkak lebih dari 100GB. SSD kecil Anda akan terisi dengan cepat. Dalam hal kinerja game, subsistem penyimpanan memengaruhi waktu muat game dan perubahan level dalam game. Ini bisa menjadi sangat penting dalam MMORPG, di mana lingkungan besar dimuat secara real time. Jadi, memiliki setidaknya beberapa penyimpanan berbasis SSD yang cepat sangat diinginkan. Di mata kami, Anda hanya boleh   memilih drive boot SSD pada saat ini. Perbedaan “rasa” kinerja antara hard drive dan drive boot SSD terlalu besar untuk diabaikan.

Detail Tampilan, Bagian Satu: Ukuran dan Resolusi

Anda harus mengingat empat spesifikasi saat melihat panel tampilan laptop gaming tertentu: ukuran layar, resolusi asli, kecepatan refresh, dan jenis panel.

Seperti yang kami catat sebelumnya, 15,6 inci adalah aturan ukuran layar umum untuk sebagian besar laptop gaming di bawah $ 1.000. Ukuran ini merupakan kompromi yang baik dengan cara yang melampaui biaya. Terkadang, bermain game di layar laptop terbesar—dan dengan beberapa pengecualian eksotis, itulah kelas 17-inci—adalah cara yang tepat. Tetapi jika Anda pernah mencoba membawa salah satu dari mesin ini, atau membeli tas laptop yang dapat memuatnya dan adaptor dayanya yang besar, Anda mungkin akan berpikir dua kali. Banyak dari notebook ini memiliki berat enam pon atau lebih, dan yang paling ringan cenderung jauh dari yang termurah.

Seorang gamer 15-inci masih tidak akan menjadi pelancong harian yang ideal, tetapi sebagian besar jauh lebih mudah diatur daripada kerabat mereka yang lebih besar. Selain itu, rig gaming 15-inci saat ini lebih cocok untuk digunakan dalam mode seluler sejati—yaitu, dari colokan listrik AC—dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami telah melihat beberapa hit enam jam atau lebih masa pakai baterai, meskipun dalam penggunaan produktivitas sehari-hari atau memutar ulang video; game akan memangkas jumlah itu secara signifikan.

Detail Tampilan, Bagian Dua: Tingkat Penyegaran dan Jenis Panel

Seperti resolusi asli, Anda harus memperhatikan kecepatan refresh panel, meskipun, akhir-akhir ini, mungkin sama—yaitu, 60Hz—di beberapa model anggaran lama.

Jika kecepatan refresh (yang diukur dalam hertz, atau Hz) dipanggil sebagai fitur pada laptop tertentu, itu berarti kemungkinannya lebih tinggi dari biasanya. Sebagian besar layar laptop, termasuk di sebagian besar model anggaran berorientasi non-game, tetap pada 60Hz, yang berarti mereka menggambar ulang gambar di layar 60 kali per detik dan dengan demikian dapat menampilkan hingga 60 frame per detik (fps) kinerja dalam game. (Dengan kata lain, jika chip grafis Anda dapat menghasilkan 90fps dalam game tertentu, Anda hanya akan melihat 60 di antaranya.) Namun, beberapa layar notebook saat ini dapat ditampilkan pada 75Hz, 120Hz, atau lebih. Kecepatan refresh yang tinggi ini dapat bermanfaat untuk beberapa game yang sangat cepat, terutama judul yang dimainkan secara kompetitif secara online, termasuk pendukung seperti CS:GO,  DOTA 2 , dan  Overwatch, dan trio terbaru Fortnite, Apex Legends, dan Call of Duty: Warzone.

Prosesor Grafis: Sekarang Di Sini untuk Menghabiskan

Chip grafis khusus adalah tulang punggung komputer game mana pun. Dalam mesin game murah, lini GeForce GTX Nvidia mendominasi pasar, dan chip terbaru pada tulisan ini adalah bagian dari seri GeForce GTX 1600, atau keluarga “Turing” perusahaan, yang diluncurkan pada April 2019 dalam versi seluler GeForce GTX 1650 dan GTX 1660 Ti. GeForce GTX 1650 Ti bergabung dengan keluarga pada April 2020, cocok di antara keduanya.

Namun, karena beberapa perubahan dalam tumpukan Nvidia, ini bukan hanya tentang GTX pada harga ini. Ketika Nvidia meluncurkan GTX 1650 Ti (dan GPU RTX Super kelas atas yang disebutkan di atas) pada laptop pada April 2020, Nvidia juga menurunkan harga awal untuk laptop dengan GPU RTX 2060 menjadi hanya $999. RTX 2060 hanya akan ditemukan di laptop di bagian paling atas dari kisaran harga “anggaran” (sekitar $ 1.000), dan bahkan kemudian, hanya dalam beberapa model tertentu. Tapi tetap saja, secara teknis membawa garis RTX dan kemampuan ray-tracing khasnya ke kategori ini. Ini berarti bermain game pada pengaturan tinggi (atau bahkan maksimum, tergantung pada gamenya) pada laptop entry-level lebih dapat dicapai dari sebelumnya.

Sementara itu, pada musim semi ini, Nvidia meluncurkan GPU GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti mainstream yang baru untuk laptop gaming. Sejauh ini, mereka baru saja mendapatkan laptop di bawah $1.000; kami hanya melihat beberapa mesin berbasis RTX 3050 mulai dari sekitar $999.

Hingga 2019, chip gaming entry-level masuk adalah GeForce GTX 1050 berbasis “Pascal”, biasanya ditemukan dalam model mulai dari $700 hingga $800. GTX 1050 mampu memainkan sebagian besar game saat ini pada resolusi 1080p dengan pengaturan sedang hingga tinggi, dan, meskipun Anda mungkin masih melihatnya, tidak akan lagi dijual di laptop modern. GeForce GTX 1650 sekarang menjadi penawaran utama di laptop gaming baru yang paling murah, dan performa yang lebih baik.

Jika Anda memiliki sedikit lebih banyak uang, GTX 1650 Ti akan meningkatkan Anda dengan lebih nyaman di atas 30fps (dan mungkin hingga 60fps tergantung pada gimnya), sedangkan GTX 1660 Ti adalah pemain 60fps asli. Anda akan menemukannya di laptop mulai dari $899 hingga $1,200 tergantung pada komponen lain yang dipasangkan dengannya. Dominasi GTX 1650 dan GTX 1660 Ti (dan GTX 1650 Ti yang lebih baru) di tingkat anggaran sekarang telah selesai. GTX 1060 yang lebih lama masih terdaftar sebagai dasar untuk menggunakan laptop Anda dengan headset realitas virtual (VR). Tapi ketahuilah bahwa GTX 1660 Ti adalah yang lebih baru dalam hal itu, dan itu hanya akan memberi Anda kinerja yang lebih baik. Harapkan garis RTX 3050 untuk mulai masuk ke ruang GTX 1660 Ti, pada gilirannya, saat 2021 berakhir, tetapi kekurangan komponen hingga 2021 telah membuat harga tetap tinggi.

Seperti yang dinyatakan, RTX 2060 sekarang dapat ditemukan di beberapa laptop serendah $ 999, yang seharusnya menggiurkan bagi pembeli anggaran. Ray tracing adalah teknik pencahayaan canggih yang hanya dapat dilakukan oleh GPU dengan moniker RTX yang dapat dilakukan oleh perangkat keras. RTX 2070, 2080, dan (mulai awal 2021) elit RTX 3070 dan 3080, lebih unggul untuk melakukan teknik ini, karena akan menurunkan frekuensi gambar Anda, tetapi RTX 2060 (dan mungkin RTX 3050-an, seperti yang mereka dapatkan menjadi mesin yang lebih murah) mampu. Hal ini terutama berlaku dengan DLSS 2.0 , fitur visual Nvidia yang membantu kinerja di beberapa game. Mampu melakukan ini dengan laptop anggaran adalah prestasi yang mengesankan, dan menunjukkan bagaimana kategori ini lebih sehat dari sebelumnya, bahkan jika RTX belum menjadi kebutuhan pokok anggaran.

Perlu dicatat bahwa, tidak seperti generasi sebelumnya, GPU seluler Pascal dan Turing jauh lebih dekat dengan rekan desktop mereka. GPU desktop masih memiliki keunggulan, tetapi generasi yang lebih tua hanya melihat sekitar 70% hingga 80% dari kinerja desktop. (Lihat pilihan kami untuk  kartu grafis gaming desktop teratas untuk pemutaran 1080p .) Chip seluler Turing dan Pascal memberikan kinerja yang hampir setara dengan rekan desktop mereka dengan nama yang sama, dengan asumsi mereka diimplementasikan pada mesin dengan CPU pelengkap, dan dalam desain yang melakukannya termal GPU membutuhkan keadilan.

Namun, GPU “Ampere” RTX 30-Series, berbeda lagi dari rekan-rekan desktop mereka. Seperti disebutkan, harga pada GPU tersebut berarti mereka tidak akan mendominasi laptop gaming anggaran untuk beberapa waktu, tetapi kami memiliki detail lebih lanjut tentang nuansa kinerjanya yang rumit jika Anda ingin membaca lebih lanjut.

Adapun pesaing Nvidia, AMD, chip grafis khusus kurang umum di laptop gaming anggaran (atau yang lebih mahal, dalam hal ini), bahkan ketika keberhasilan prosesor Ryzen meningkat melawan Intel. Yang mengatakan, upaya GPU terbarunya melihat lebih banyak daya tarik daripada yang sebelumnya. Radeon RX 5500M dan RX 5600M telah muncul di beberapa laptop model terbaru yang telah kami uji, dan Anda mungkin ingin melihat ulasan individu dari mesin tersebut untuk melihat bagaimana GPU Radeon baru ini ditumpuk. (Kami belum cukup mengulasnya untuk menarik kesimpulan menyeluruh.) GPU Seri Radeon RX 6000M yang baru saja diperkenalkan sepertinya tidak akan menjadi faktor besar dalam laptop murah untuk sementara waktu.

Jangan Lupa Keyboard: Pencahayaan dan Tata Letak

Salah satu fitur khas yang membedakan laptop gaming adalah keyboard backlit warna-warni. Ini sedikit berbeda dari model ke model, dengan lampu latar yang lebih rumit berjalan seiring dengan harga yang lebih tinggi dan tingkat umum yang lebih tinggi dari komponen lainnya.

Hampir semua laptop gaming murah akan menggunakan lampu latar satu warna (paling sering, merah atau putih) untuk menekan biaya. Langkah selanjutnya adalah pencahayaan yang dapat diprogram berdasarkan zona, dengan tiga atau empat blok keyboard yang dapat disesuaikan secara independen dalam berbagai warna, tetapi ini tidak umum di mesin anggaran. Keyboard dengan pencahayaan per tombol yang dapat diprogram secara individual hanya merupakan bagian dari mesin kelas atas.

Lihat juga tata letak kunci. Model dengan sekelompok tombol panah yang terisolasi atau tombol WASD yang terdefinisi dengan baik mendapatkan poin bonus, dalam buku kami. Juga, karena sebagian besar laptop gaming murah adalah model 15,6 inci, periksa papan angka khusus di sebelah kanan area kunci utama, jika Anda lebih suka memilikinya—atau tidak, dalam hal ini. Beberapa mesin dengan ukuran layar ini akan memilikinya, beberapa tidak.

Jadi, Laptop Gaming Murah Mana yang Harus Dibeli?

Di bagian atas artikel ini dan di bawah, kami telah memetakan model berperingkat teratas kami untuk diselidiki. Perhatikan bahwa beberapa konfigurasi yang dikirimkan kepada kami untuk pengujian sedikit di atas $1.000; beberapa tetap demikian, sementara yang lain telah jatuh di bawah garis satu-besar sejak itu. Juga, perhatikan bahwa sebagian besar model ini adalah versi tunggal dari mesin dalam garis yang bervariasi. Jadi gunakan ulasan tertaut sebagai pedoman, bukan absolut, saat menilai setiap keluarga laptop. Anda mungkin tidak mendapatkan tingkat kinerja yang kami dapatkan, jika komponen utama diturunkan untuk mendapatkan harga di bawah $1.000. Tetapi Anda harus mendapatkan ide yang kuat tentang berbagai layar, build, dan kualitas input laptop dari ulasan kami.

Selain mempelajari ulasan kami dan memeriksa situs vendor, menggunakan filter harga di pengecer seperti Newegg.com dapat membantu Anda melihat konfigurasi yang berbeda pada titik harga yang berbeda. Beberapa produsen menawarkan banyak versi dengan bobot berbeda dari laptop yang sama (misalnya, lebih banyak penyimpanan dalam satu konfigurasi, GPU yang lebih baik di konfigurasi lain). Bermain dengan filter di situs-situs ini bisa menjadi latihan yang mencerahkan dalam memberi-dan-menerima.

Ingin melengkapi pengalaman bermain game PC Anda? Lihat juga pilihan kami untuk  mouse gaming terbaik  dan  headset gaming terbaik , serta pilihan  kami untuk laptop gaming terbaik secara keseluruhan , selain harga.

 

(source: sea.pcmag.com)