+6281280115141 isr@kiranasakti.com

Microsoft dan Google adalah dua perusahaan teknologi terbesar di dunia – jadi tidak mengherankan jika keduanya memasuki ruang konferensi video . Microsoft Teams adalah penawaran dari perusahaan yang berbasis di Redmond, sedangkan Google Meet adalah solusi yang dikembangkan oleh perusahaan yang awalnya dikenal dengan layanan mesin pencarinya.

Belum lama berselang, bidang komunikasi dan kolaborasi merupakan lingkungan yang lebih lembut, di mana banyak layanan yang berbeda dapat hidup berdampingan dengan bahagia. Namun, sejak pandemi Covid-19 membuat interaksi tatap muka menjadi lebih menantang, semakin banyak organisasi terpaksa mengandalkan solusi digital. Dengan demikian, persaingan antar layanan telah meningkat secara signifikan.

Kabar baiknya adalah Microsoft Teams dan Google Meet mewakili contoh yang baik dalam bidang konferensi video. Namun, dengan pengembang masing-masing menambahkan fitur baru setiap saat, ini adalah ekosistem yang dinamis. Untuk bisnis dan individu yang ingin mempertimbangkan manfaat masing-masing solusi, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

 

Fitur

Untuk bisnis apa pun yang memilih untuk membayar paket Microsoft 365 atau Google Workspace, fitur yang paling berguna tentu saja adalah integrasi dengan aplikasi lain. Namun, dalam hal fitur inti, tidak banyak yang bisa membedakan Meet dan Teams.

Beberapa fitur Google Meet termasuk layar pratinjau audio dan video, berbagi layar, kontrol penyelenggara rapat, dan teks otomatis selama rapat. Selain itu, pengguna dapat mengakses latar belakang yang dapat disesuaikan dan penyesuaian kualitas koneksi yang memanfaatkan kemampuan AI.

Fitur Microsoft Teams, di sisi lain, juga mencakup berbagi layar dan latar belakang yang dapat disesuaikan, tetapi opsi lebih dari 250 integrasi aplikasi mungkin berarti bahwa sebagian besar bisnis akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari penggunaan Teams daripada Google Meet. Tampaknya menawarkan lebih banyak potensi kolaborasi.

Keamanan

Untuk pengguna berbayar, Google Meets menawarkan ID rapat kompleks yang menambahkan perlindungan ekstra terhadap upaya peretasan paksa. Teams, sementara itu, menawarkan keamanan yang fantastis bagi bisnis untuk digunakan secara internal. Misalnya, pemilik tim memiliki tingkat kontrol yang terperinci, di mana mereka dapat bertindak sebagai administrator dan membatasi tindakan pengguna lain. Mengingat sebagian besar kebocoran data terjadi karena tindakan staf internal, fitur ini merupakan tambahan yang disambut baik.

Mendukung

Meskipun Microsoft Teams dan Google Meet keduanya menawarkan semua saluran biasa untuk dukungan pelanggan, ada beberapa perbedaan kecil. Teams tentu saja memiliki komunitas dukungan yang hebat di sekitarnya, terutama terdiri dari pengguna lain yang dengan senang hati membantu setiap kali Anda menghadapi masalah. Sebaliknya, Meet menawarkan tutorial video dan kursus online gratis untuk pengguna. Jika Anda lebih suka belajar mandiri, ini adalah keuntungan besar dari Google Meet.

(source: www.techradar.com)